Lanjut ke konten

pengaturan Proxy Server dengan browser google chrome

09/10/2010


Anonymous browsing adalah salah satu cara yang dapat kita gunakan untuk online dengan menggunakan IP address atau Proxy pihak ketiga, dalam hal ini adalah penyedia proxy server yang memberikan layanan gratis.Proxy server bertindak sebagai gateway dari komputer kita ke dunia maya. Artinya jika kita menggunakan Proxy server maka, request yang kita lakukan terhadap sebuah situs misalnya akan dilakukan lewat perantara Proxy server, sehingga situs tersebut menganggap Proxy server itulah yang melakukan request, sehingga situs bersangkutan tidak bisa mengenali profil internet kita. Hal ini sangat menguntungkan karena privasi kita terlindungi dari resiko yang mungkin timbul dari tersebarnya profil dan privasi kita. Namun kerugiannya adalah, karena request kita melalui perantara Proxy server,ada resiko koneksi kita akan sedikit lambat. 

Banyak cara untuk browsing dengan cara anonymous ini, salah satunya adalah cara yang disediakan oleh Google Chrome. Untuk membantu memudahkan kalian memahaminya, berikut caranya :
1. klik gambar kunci ( wrench ) disisi kanan atas browser google chrome
2. sorot “pilihan” atau “option”
3. pada jendela baru, pilih TAB “dibalik terpal”
4. klik pada “ubah setelan proxy”
5. pada jendela baru, pilih TAB “connection”, lalu klik “setting”
6. pada jendela baru, centang kotak “proxy server”
7. isi kotak Address dan kotak Port dengan salah satu IP dan Port dari daftar disini
8. centang kotak “bypass proxy server for local address”

9. lakukan cek IP address disini

Perhatikan gambar berikut, sebelum ibemedia mengganti Proxy dan sesudah mengganti Proxy. Yang pertama ibemedia berada di Indonesia, setelah mengganti Proxy ibemedia seolah-olah berada di Amerika.

Google Chrome juga menyediakan ekstensi ( add-ons ) yang sangat membantu kita mengganti IP Proxy secara cepat dan praktis, yakni dengan ekstensi Proxy Switchy. Kita cuma perlu menginstall Proxy Switchy di google chrome melalui tools ekstensi yang tersedia di kotak wrench (icon kunci),atau jika kalian kesulitan menemukannya, bisa mendownload langsung di sini
Setelah Proxy Switchy terinstall, silahkan buka ekstensi dengan mengklik icon Proxy Switchy, dan masukkan daftar IP Proxy yang diinginkan.
tampilan Proxy Switchy
Proxy Switchy lebih fleksibel karena kita bisa mengisi banyak Proxy sekaligus dan mengatur penggunaannya. Hanya saja yang perlu dicatat, bahwa tidak semua IP Proxy bias digunakan, karena IP Proxy bersifat gratis,biasanya masa berlakunya satu Proxy sangat terbatas,sehingga kita harus secara regular melakukan cek apakah IP tersebut masih hidup atau sebaliknya. Selain itu, tiap-tiap IP Proxy memiliki tingkat respon yang berbeda, silahkan cari yang tingkat responnya paling cepat.
About these ads
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: