Skip to content

backup dan restore data dengan Norton Ghost

25/08/2010
Perlukah membackup komputer kita? jawabnya tentu saja perlu. Dalam situasi tertentu, komputer kita sering mengalami gangguan, baik karena virus, spyware, kesalahan setting/manajemen , atau file di komputer kita terhapus/terganggu karena faktor ketidaksengajaan atau banyak sebab lainnya. Dengan melakukan backup, maka kita tidak perlu direpotkan dengan menginstall ulang OS kita dan kitapun tidak perlu menginstall program-program yang kita butuhkan, karena selain memakan waktu, proses install ulang akan membuat kita harus mengupdate ulang program yang sebelumnya pernah kita update.
Windows sendiri sebenarnya menyediakan fitur backup restore yang built in bersama sistem ketika kita menginstalasi OS windows kita. Tapi berdasarkan pengalaman pribadi, ketika OS windows XP saya terinfeksi conficker, backup restore windows tidak bisa bekerja. Itulah sebabnya,saya sarankan agar kalian membuat backup dengan third party software. Pada posting kali ini saya menyarankan Norton Ghost, karena terbukti ampuh dan mudah digunakan.
Kapan saat yang tepat untuk melakukan backup? Sebaiknya backup dilakukan pada saat windows masih dalam keadaan fresh dan belum terganggu oleh error, dan saat setelah software-software penting kita install dan setelah semuanya kita update ( jika punya koneksi internet). Jika harddisk kalian cukup besar, kalian bisa bisa membackup data secara berkala, bagi yang harddisknya kurang memadai, bisa melakukan one time backup ( backup sekali saja ).
Berikut langkah backup-restore Norton Ghost :
1. install software Norton Ghost. Saat aplikasi dijalankan akan terlihat seperti gambar berikut :
2. Lakukan backup untuk pertama kali
1
2
3. Pilih Drive tempat backup disimpan ( sebaiknya gunakan drive selain C:\ )
4. Langkah berikutnya buat recovery disk norton ghost. Gunakan cd image tools, misalnya Ultra ISO untuk membuat bootable CD. Nanti jika terjadi error, maka kalian membutuhkan recovery disk ini untuk merestore OS windows ini. Langkah burning recovery CD norton ghost dengan Ultra Iso bisa adalah sebagai berikut :

5. Setelah CD bootable norton ghost recovery siap. Dan saat nanti proses restore diperlukan, kalian harus memasukkan CD tsb ke cd/dvd rom dan reboot OS windows dengan terlebih dulu mengatur BIOS agar melakukan boot melalui CD/DVD ROM. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk yang ada, dan pilih dimana drive file backup sebelumnya yang kalian bikin. Setelah prosesnya selesai, maka OS kalian akan kembali ke kondisi waktu terakhir di backup.
6. Yang perlu di ingat, jika kalian mempunyai file data penting yang harus diselamatkan, misalnya data tugas sekolah,kantor atau hasil kerjaan kalian, sebaiknya copy dulu data tersebut ke drive selain C:\ karena ketika kalian melakukan restore,maka semua data yang ada di C:\ akan lenyap….semoga berhasil.
Link Download : Norton Ghost 15
Link Download : Ultra Iso
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: