Skip to content

mengamankan komputer dari error dan virus dengan sandboxie

28/08/2010

Sandboxie adalah sebuah aplikasi virtual, yang membuat lokasi virtual pada komputer kita,dan menjalankan aplikasi/program yang kita inginkan dalam lingkungan virtual pula. Artinya, karena sifatnya yang virtual (tidak real),Sandboxie menjalankan aplikasi pada komputer dengan cara menjalankannya di ruang isolasi yang dikenal dengan nama sandbox. Dengan Sandboxie, aplikasi beroperasi secara normal dan dengan kecepatan penuh, tetapi karena sifatnya yang terisolasi, maka aplikasi tersebut tidak memberikan pengaruhi apa-apa pada komputer. Kenapa? karena perubahan tersebut hanya terjadi di dalam sandbox.

Contoh sederhana : jika kalian menjalankan browser,katakanlah mozilla firefox. Lalu tanpa sengaja kalian diserang virus,spyware atau komputer kalian malah jadi error. entah karena kalian mendownload atau membuka situs tertentu.Pada keadaan normal,virus atau error akan mengganggu komputer kalian.Bahkan mungkin merusak sistem komputer kalian. Tapi jika kalian menjalankan browser melalui sandboxie, virus atau error akan terisolasi dalam sandbox, dan komputer kalian tetap utuh.

Dari contoh diatas,kita bisa simpulkan,bahwa dengan sandboxie yang terpasang dikomputer kita,kita tidak lagi membutuhkan program antivirus yang terkadang memberatkan kinerja komputer, serta merepotkan karena harus diupdate secara berkala. Bukan hanya antivirus, beberapa program lain tak luput bisa membuat windows kalian error. Dengan sandboxie sistem operasi windows kalian dipastikan aman dari segenap error yang bisa terjadi kapan saja. Kalian tertarik untuk mencoba sandboxie? berikut tutorial singkatnya :

1. Setelah instalasi sandboxie selesai, icon kuning sandboxie akan tampil di taskbar kalian. Jika tidak, kalian bisa masuk melalui start menu dan mengaktifkan sandboxie control :

2. Dengan mengaktifkan control panel, kalian akan mendapatkan tampilan seperti berikut ini :
(Pada panel ditampilkan icon google chrome,hal ini karena saya menggunakan google chrome sebagai default browser pada komputer saya)
3.Sekarang sorot Tab sandbox- Default sandbox – Run Sandboxed – From start menu, maka screen akan menampilkan dua image berikut :
4. Arahkan mouse pada Desktop, kemudian pilih mozilla firefox :
Sekarang mozilla firefox bekerja didalam aplikasi sandboxie, untuk program yang lain, kita tinggal ikuti cara yang sama seperti diatas. Dan untuk lebih mengingatkan kita akan environment sandboxie pada browser kita , kita bisa memasang frame warna pada browser ( lihat contoh gambar mozilla diatas, disini saya memakai warna frame merah ).Caranya ikuti langkah berikut :
5. Sorot Tab Sandbox – Default Sandbox – Sandbox setting :

Demikian tutorial singkat sandboxie, untuk fitur lainnya bisa kalian coba sendiri, atau bisa dibaca langsung pada Tab help pada control panel sandboxie…..
Link Download : Sandboxie

Selamat mencoba …..
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: