Skip to content

bisakah mempercepat internet via modem dial-up?

11/09/2010







Pertanyaannya adalah, apa mungkin kita dapat mempercepat koneksi kita? Sebagian besar pengguna internet di indonesia, termasuk Indramayu pun menggunakan modem dial up semisal HP untuk melakukan browsing atau online. Namun sayangnya bandwidth yang diberikan sangat kecil, dan menyulitkan kita untuk dapat loading ke halaman web dengan mudah. Banyak sekali tools atau software untuk mempercepat koneksi yang ditawarkan di internet, tapi tidak ada satupun yang memberikan hasil yang memuaskan, kenapa? karena memang sangat mustahil memaksa koneksi kita menjadi cepat dengan bandwidth yang sangat kecil. Satu-satunya jalan adalah menerima kenyataan dan bersabar. Trik dibawah ini bisa sedikit mempercepat halaman web untuk tampil di browser kita, tapi sama sekali tidak ada hubungannya dengan meningkatkan kecepatan koneksi.Karena jika kalian ingin meningkatkan kecepatan koneksi, satu-satunya cara adalah mengganti paket bandwidth kalian. Berikut adalah langkah optimalisasi pada komputer kalian :

1. Block tampilan flash dan iklan di browser dengan flash blocker ( dengan ekstensi google chrome ),jika kalian menggunakan mozilla firefox, ikuti langkah ini : go to > Tools> >Page Info>> Permissions>> Load Images>> Uncheck “Use Default”>>Select “Block”.
2. Ketika kalian mengunjungi situs web apapun, komputer kalian menyimpan beberapa informasi dari situs web sebagai memori cache. Jika lebih banyak Ruang kalian berikan untuk cache, maka akan semakin banyak ia menyimpan, dan surfing internet anda akan menjadi jauh lebih cepat! Kalian dapat melihat gambar berikutuntuk informasi lebih lanjut tentang cara melakukannya ( browser mozilla firefox). Untuk google chrome,tidak ada fasilitas ini,namun chrome menggunakan RAM komputer pada pengaturan ini,sehingga makin besar RAM pada komputer kalian,chrome akan makin handal melakukan tugasnya
3. Jangan buka Tab pada browser terlalu banyak.Semakin banyak Tab pada browser yang aktif,maka semakin banyak pula bandwidth yang harus digunakan.Saya sarankan untuk tidak membuka Tab lebih dari 3 jika koneksi internet kalian menggunakan modem dial-up. Jika perlu buka Tab tunggal saja.

4. Matikan auto update OS windows / windows service kalian, karena fitur ini akan memakan bandwidth yang lumayan besar. Bahkan semua fitur update yang ada pada program di komputer kalian sebaiknya didisablle saja. 
5. Lakukan Flush DNS secara berkala jika memungkinkan.

6.Jika kalian sering online di situs jejaring sosial, gunakan mode irit bandwith untuk online dengan mudah, seperti m.facebook.com. Tapi ini akan mengorbankan kenyamanan kalian dalam berinteraksi dengan teman virtual kalian.
7. Edit registry. klik run – ketik gpedit.msc – administrative templates – network – QoS Packet Scheduler – limit reservable bandwidth – klik enable – ganti value jadi 
8. Masih di QoS Packet Scheduler : double klik limit outstanding packets – disable
7. Gunakan mesin pencari / browser versi mobile di PC kalian, hal sangat membantu pada kondisi dimana koneksi internet kalian lemot bin bekicot, misalnya http://www.goggle.com/m
9. Squid Proxy pada modem dial-up tidak banyak membantu, entah mengapa. Tapi pengalamanku membuktikan hal tersebut, makanya opsi ini tidak saya rekomendasikan buat kalian lakukan.

Demikian tips singkat yang pernah saya coba, dan jika mungkin kalian sudah pernah mencobanya, dan mungkin ada pengalaman lain yang belum saya ketahui, silahkan sharing ….
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: